LILIYANA NATSIR : “KITA SUDAH SELEVEL DENGAN CHINA”

Image

Oleh Indra Arief Pribadi

Surabaya, 29/3 (Antara) – Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir, menyatakan kualitas permainan dirinya bersama Tontowi Ahmad sudah setingkat dengan pemain China sehingga dia semakin optimistis menghadapi Piala Sudirman pada Mei 2013.

“Kesempatan Indonesia masih sangat terbuka lebar, kita juga sudah selevel dengan China. Yang penting kita harus manfaatkan peluang menang di berbagai nomor,” ujar Liliyana kepada Antara setelah laga melawan Thailand pada babak penyisihan Piala Axiata 2013 di DBL Arena Surabaya, Jumat.

Dalam penyelenggaraan Piala Sudirman ke-13 pada 19-26 Mei 2013 di Kuala Lumpur Malaysia, Indonesia berada satu grup bersama China dan India.

Persaingan sengit akan terjadi antara pemain Indonesia dengan ganda campuran China, Xu Chen-Ma Jin atau Zhang Nan-Zhao Yuniel. Menilik dari pertemuan terakhir dengan ganda campuran China, Indonesia memiliki peluang besar untuk merebut kemenangan, kata Liliyana.

“Kita sudah bermain bagus melawan ganda campuran China, di beberapa pertandinga terakhir,” ujar Liliyana yakin.

Keyakinan Liliyana juga didasarkan pada beberapa pertandingan sebelumnya antara Indonesia dan China.

Untuk mempertahankan gelar All England, Liliyanna-Tontowi berhasil menumbangkan Zhang Nan-Zhao Yuniel 2-0 (21-13, 21-17) awal Maret lalu.

Sedangkan melawan ganda campuran terbaik dunia milik China Xu Chen-Ma Jin, Tontowi-Liliyana memang menelan kekalahan di final Denmark Terbuka Oktober 2012, namun mereka berhasil memaksa pasangan China itu menempuh permainan ketat dengan beberapa kali “deuce” dan rubber game 1-2 (21-23, 26-24, 11-21)

“Terakhir melawan Xu Chen-Ma Jin, Kita memang kalah, tapi kita bisa menyulitkan mereka,” ujarnya.

Sedangkan, pemain tunggal putra Tommy Sugiarto mengatakan dirinya ingin fokus terhadap semua laga yang akan dijalani di berbagai kejuaraan, seperti yang dia jalani saat ini, Piala Axiata 2013. Semua laga di berbagai Kejuaraan, kata Tommy, merupakan kesempatan untuk meningkatkan peforma dan mental tanding untuk berlaga di kompetisi yang lebih berat lagi.

“Saya ingin fokus di semua kejuaraan, pertandingan adalah tetap pertandingan mau di kejuaraan apapun,” katanya.

Piala Sudirman akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 19-26 Mei 2013 mendatang. Sejak juara pada perhelatan pertama Piala Sudirman pada 1989, Indonesia tidak pernah lagi berhasil merebut gelar kejuaraan dunia beregu campuran itu. Pada 2011, tim Indonesia hanya mampu mencapai babak semifinal.

Dengan sistem “round robin”, Indonesia minimal harus menjadi juara kedua grup, untuk dapat lolos ke perempat final.

Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) telah menetapkan pemain yang masuk dalam tim bayangan Piala Sudirman.

Berikut tim bayangan Indonesia untuk Piala Sudirman berdasarkan rilis resmi PBSI:

Sony Dwi Kuncoro, Tommy Sugiarto, Simon Santoso, Dionysius Hayom Rumbaka, Linda Wenifanetri, Aprilia Yuswandari, Adriyanti Firdasari, Bellaetrix Manuputty, Maria Febe Kusumastuti, Rian Agung Saputro, Angga Pratama, dan Hendra Setiawan.

Kemudian Mohammad Ahsan, Muhammad Ulinnuha, Ricky Karandasuwardi, Nitya Krishinda Maheswari, Anneke Feinya Agustine, Suci Rizky Andini, Della Destiara Haris, Greysia Polii, Meiliana Jauhari, Tiara Rosalia Nuraidah, Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, Muhammad Rijal, Debby Susanto, Fran Kurniawan Teng, dan Shendy Puspa Irawati. Sedangkan untuk posisi manajer, PB PBSI menunjuk Rexy Mainaky.***4***

Editor : J. Suswanto



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s