HAYOM WARNAI DEBUTNYA DENGAN GEMILANG DI AXIATA

Oleh Indra Arief Pribadi

Surabaya, 30/3 (Antara) – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Dionysius Hayom Rumbaka tampil gemilang di partai debutnya pada penyisihan Piala Axiata 2013 dengan meraih kemenangan melawan pemain Filipina, Mark Shelley Alcala 2-0 (21-12, 21-9) di DBL Arena Surabaya, Sabtu.

Dengan hasil ini, Indonesia yang menjadi pemuncak klasemen menambah keunggulan sementara menjadi 2-0 atas penghuni dasar klasemen Filipina. Di partai sebelumnya tunggal putri Linda Weni Fanetri menaklukkan Malvinne Ann Venice Alcala 2-0 (21-16,21-11)

Hayom (24), tampak tidak menemui kesulitan berarti menghadapi Mark yang berusia 10 tahun lebih muda darinya. Mark tampak salah menerapkan startegi dengan banyak memberikan bola-bola atas yang malah menjadi “makanan empuk” untuk Hayom.

Setiap bola tanggung dari Mark enggan disia-siakan oleh runner up Indonesia Open Grand Prix Gold 2012, Hayom, untuk kemudian dikonversikan menjadi poin melalui smes kerasnya yang sulit dibendung Mark. Di game pertama Hayom tidak membutuhkan waktu lama mampu unggul 21-12.

Di game kedua, smes Hayom ke bidang kiri Mark mengawali keunggulan 9-3. Hayom terus unggul jauh memanfaatkan Mark yang sudah kehilangan konsentrasi dan tampil tidak tenang. Hayom terus melaju dengan smes tajam menukik ke bidang kiri yang hanya bisa ditatap Mark, 12-3. Mark kerap kali salah langkah mengantisipasi smes Hayom.

Pengembalian Hayom yang melenceng ke luar bidang sempat membuat Mark dapat meraih poin, 12-5. Namun tidak lama kemudian, Hayom kembali mendominasi dan meraih “game point” 20-5.

Satu poin lagi Hayom membuat Indonesia unggul 2-0. Namun percobaan smes yang menyambut bola tanggung dari Mark gagal menyebrangi net. Mark dapat sedikit bernafas lega.

Namun, lagi-lagi Mark memberikan bola tanggung untuk Hayom yang dibalas dengan smes tajam menyusur ke bidang kanan, dan tidak mampu dikembalikan pemain muda Filipina itu, 21-5. Dengan hasil ini Indonesia unggul sementara 2-0 atas Filipina.

Pada partai berikutnya ganda campuran M. Rijal-Debby Susanto menghadapi Philip Escueta-Bianca Carlos dan Hendra Setiawan-M. Ahsan diuji Paul Vivas-Peter Magnaye.***4***

Editor : Masduki Attamami



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s