POLEMIK LIRIK LADY GAGA DI “DUNIA KICAU”

Konser Lady Gaga yang rencananya digelar 3 Juni 2012 sampai saat ini masih menjadi polemik dan mengundang banyak pendapat pengguna Twitter, terutama mengenai lirik sang diva yang dinilai kontroversial.

Menteri Agama Suryadharma Ali pun beberapa waktu lalu  dikabarkan sempat berkomentar langsung tentang lirik Lady Gaga yang menurutnya bisa berpengaruh negatif bagi masyarakat Indonesia.

Polemik konser yang bertajuk The Born This Way Ball ini semakin berurai, bahkan sempat menjadi “Trending Topic” pada Selasa (21/5).

“Sebetulnya kalau mau jujur, lirik-lirik lagu nya Lady Gaga itu mencerminkan dekadensi moral dari budaya Kapitalisme,” kicau pengguna Twitter  ‏@HarisRusly pada  Minggu (19/5), Jakarta.

Potongan lirik Judas yang sering dipermasalahkan berbunyi “Jesus is my virtue, and Judas is the demon I cling to (Jesus adalah kebijakanku, Judas adalah setan yang aku pegang teguh).

Uchie pemilik akun @uch13 mengatakan lirik lagu Lady Gaga yang juga menjadi lagu andalan di album keduanya “Born This Way” mengandung pesan tentang hubungan seksual sesama jenis.

Namun tak semua tweeps (sebutan untuk pengguna twitter) menganggap lirik pemenang tiga  Grammy Award 2011 itu bermakna negatif. Jurnalis senior Uni Lubis melalui tweet-nya menilai lirik lagu Lady Gaga dapat memberikan dampak posiitif bagi pendengarnya.

“Lady Gaga bukan penyanyi fave saya, tp ada semangat optimistis, self confident, dan kesetaraan dlm  ‘Born This Way‘,” kicaunya beberapa waktu lalu.

lirik-lady-gaga

Lady Gaga saat di Glastobury, Inggris 2009. Selain cara berpakaian, lirik Sang Diva pun banyak menuai kontroversi.
Courtesy : http://www.fotopedia.com/items/flickr-3675381365

Selain “Judas” dan “Born This Way”, beberapa lagu Lady Gaga yang banyak mengundang kontroversi adalah “Just Dance, You and I,  Bad Romance” dan “Alejandro”.

Lirik “Alejandro” banyak dinilai orang menceritakan tentang paham anti agama, dimana Alejandro sendiri dikisahkan sebagai Tuhan.

Potongan liriknya yang berbunyi “Don’t call my name, Don’t call my name, Bye Fernando.I’m not you’re babe, I’m not you’re babe, Alejandro (Tuhan)” mengundang umpatan karena dalam konteks tersebut Alejandro dikisahkan sebagai Tuhan

“Dont call my name dont call my name Alejandro ‘lirik nya anti agama banget’,” pendapat salah satu “tweeps”  dengan nama akun  @fikryv, Rabu.

Lady Gaga pun sempat berkomentar tentang keadaan di Indonesia. Dia berkicau perihal dua hal terkait konsernya yang bertajuk di Indonesia yaitu akan terkena sensor, dan mendapat ancaman kekerasan dan kelompok esktrimis.