21 SRIKANDI BERSEPEDA PERJUANGKAN KESETARAAN “GENDER”

   Jakarta, 19/4 (ANTARA) – Sebanyak 21 perempuan akan memulai tur sepeda “Srikandi Inspirasi Bagi Negeri” dari Jepara ke Bandung dengan mengemban misi mengangkat kesetaraan gender, pada 21 April.

    ”Dengan gowes ini mudah-mudahan menginspirasi bahwa perempuan bisa naik sepeda jarak jauh, tidak hanya laki-laki. Streotipe semacam itu perlu mulai dihilangkan,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng saat pelepasan para srikandi di Jakarta, Kamis.

    Andi menjelaskan tur ini bisa membuktikan perempuan bisa bersepeda jarak jauh dan punya rasa kepedulian dengan hal –hal lainnya, karena para srikandi ini juga akan mengunjungi tempat-tempat sejarah selama tur sepanjang 582 kilometer itu.

    Andi mengatakan kegiatan olahraga seperti ini bisa lebih menyemarakan perayaan Hari Kartini yang sebelumnya  lebih sering dirayakan secara seremonial saja.

   “Ini juga menjadi bukti, dengan olahraga hal yang ingin kita tonjolkan itu bisa lebih bermakna,” kata Andi.

    Mentri yang pernah menjadi juru bicara kepresidenan itu juga berharap kegiatan ini bisa memberikan inspirasi pada masyarakat dan menjadi ajang pencarian atlet sepeda wanita.

    Ketua Komunitas Bike2Work yang merupakan penggagas acara ini Toto Sugito mengatakan tur sepeda ini melibatkan 21 wanita yang tidak hanya berasal dari Jabotabek, tapi juga Surabaya dan Jepara.

   Para srikandi akan bersepeda dengan rute Jepara – Demak – Purwodadi – Solo- Kartosuro – Klaten – Prambanan – Jogja, Wates – Purworejo – Kebumen – Gombong-Sumpiuh – Buntu – Rawalu – Wangon –  Majenang-Banjar – Ciamis – Tasikmalaya – Malangbong – Nagrek – Cileunyi hingga akhirnya sampai di Bandung.

   Dewa Sina, salah satu panitia acara, mengatakan misi kesetaraan gender tidak hanya diangkat dari tur sepeda jarak jauh, tapi juga dari bagaiamana mereka memperoleh izin dari keluarga dan cuti dari kantor karena para srikandi mayoritas berasal dari kalangan pekerja profesional.

    Anita Santa Panggabean (31), salah satu srikandi yang juga seorang pianis mengatakan tur sepeda ini juga membuktikan bahwa wanita tidak selalu takut panas, kulit hitam dan mampu bersepeda jarak jauh yang biasanya dilakukan oleh laki-laki.

    “Kami ingin mengangkat semangat perjuangan Kartini dengan gowes ini, dan juga misi-misi sosial yang akan kita lakukan,” katanya.

   Selain mengunjungi tempat-tempat bersejarah, para srikandi ini juga akan melakukan kegiatan sosial seperti donor darah di Jepara dan penanaman pohon di Bandung.

   Ke-21 srikandi akan berangkat dari Kantor Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta ke Jepara menggunakan bus. Selain dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komunitas Bike2Work juga bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pemberdayaan Pemberdayaan Perempuan dan Anak , serta Kementerian Kesehatan



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s