MASYARAKAT TUNGGU SOLUSI TEPAT UNTUK BANJIR JAKARTA

     Jakarta, 13/4 (JAKARTA) – Sejumlah warga DKI Jakarta menginginkan solusi konkrit , terpadu dan bisa memberdayakan masyarakat untuk menyelesaikan masalah banjir yang hampir setiap tahun terjadi di ibukota.

    “Gubernur harus punya solusi yang tepat untuk banjir dan kalau bisa juga yang memberdayakan masyarakat,” kata Agus (40), warga Jalan Bangka, Jakarta, pada Jumat.

      Pria wiraswasta ini mengatakan upaya yang bisa memberdayakan masyarakat itu salah satunya dengan pengerukan kali dan tanah hasil kerukan itu diolah menjadi pasir yang bisa digunakan masyarakat untuk perbaikan jalan, pembangunan rumah atau pos warga.

    “Tanah itu bisa dipergunakan masyarakat untuk dijual atau digunakan sendiri, dan kali pun bisa menjadi lebih dalam sehingga bisa menampung air lebih banyak,” katanya.

    Senada dengan Agus, Aang (37) warga Mampang mengatakan upaya penyelesaian banjir harus dilakukan terus-menerus, karena upaya yang dilakukan hanya pada musim hujan terbukti tak bisa menuntaskan masalah banjir.

   “Pembuatan tanggul yang kuat, pengerukan yang sungai harus rutin dilakukan agar bisa mengurangi luapan air ke jalanan dan perumahan,” katanya.

    Nurohim, warga Cipulir Jakarta Selatan, mengatakan dirinya ingin gubernur nanti serius memperhatikan pelaksanaan program penyelasaian banjir, tidak hanya berhenti di wacana saja, namun hingga penyelesaian yang terpadu.

   “Pelaksanaan harus terus menerus, karena banjir kan bencana dari alam yang tidak bisa ditebak” katanya.

    Pria yang sehari-hari berjualan gado-gado itu mengatakan dia masih percaya gubernur terpilih nanti bisa menyelesaikan permasalahan Jakarta. Masalah banjir yang sudah bertahun-tahun sebaiknya dipelajari dan dijadikan solusi untuk antisipasi banjir, katanya.

   Chaca (45) warga Bukit Duri mengharapkan agar pemimpin terpilih nanti diberikan kesempatan waktu menjabat yang cukup untuk merealisasikan program-programnya.

   Sementara itu menjelang pilkada yang akan dilaksanakan tiga bulan mendatang, mereka mengaku belum mengetahui program penyelesaian masalah banjir yang dicanangkan para cagub DKI Jakarta.   

    “Saya belum dengar tentang solusi banjir dari para cagub, mereka datang kesini juga belum” kata Aang.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s