UNESCO FASILITASI PENDIDIKAN IKLIM DI BANJARMASIN

Jakarta, 5/4 (ANTARA) – United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) memfasilitasi pelajar sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah untuk belajar melestarikan lingkungan dan menyikapi perubahan iklim melalui program “Green Schools for Action on Climate Change Education” di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

    “Sekolah ini menyediakan kurikulum pendidikan ramah lingkungan dan perubahan iklim dari teori dan parktik agar perilaku ramah lingkungan bisa menjadi kebiasaan sehari-hari,” kata Hubert J. Gijzen, Direktur UNESCO untuk Indonesia, Jakarta, Rabu

    Pelbagai permasalahan mengenai lingkungan dan perubahan iklim seperti pemborosan energi, polusi udara, pemanfaatan sumber daya air, dan lainnya akan menjadi bahan ajar untuk para siswa.

    “Siswa akan melakukan apa yang ia pelajari di kelas, seperti menggunakan listrik seperlunya, menghemat penggunaan kertas, dan merawat halaman,” katanya.

    UNESCO memfokuskan program pendidikan ini pada siswa-siswa kurang mampu, guru ilmu pendidikan dan ilmu alam serta sekolah-sekolah yang butuh perbaikan dalam menerapkan pendidikan tentang lingkungan.

Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan

    Sekolah iklim ini merupakan  bagian dari misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan menjadi mandat untuk UNESCO dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui pendidikan.

    UNESCO menyatakan konsep pembangunan berkelanjutan tentang kelestarian lingkungan melalui pendidikan dan pelatihan sangat diperlukan di Kalimantan Selatan, karena propinsi ini sedang menghadapi tantangan besar mengenai masalah kemiskinan, kurangnya kapasitas pegajar di bidang lingkungan dan juga penggundulan hutan.

   Hasil dari sekolah yang berlangsung hingga Juni 2013 ini akan menjadi rujukan untuk menyelesaikan masalah-masalah lingkungan perubahan iklim di negara-negara lain.

“Indonesia bisa menjadi contoh untuk negara-negara lain mengenai perubahan iklim, dan itu bisa menjadi hal positif bagi negara ini” ujarnya. (T. Indra/



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s